Jumat, 03 Januari 2014

Gerak presesi bumi




Pernahkah anda memainkan gasing? Gasing adalah benda simetris yang dapat berotasi cepat terhadap porosnya. Setelah berotasi beberapa detik anda akan mengamati gasing mulai goyah. Gejala ini oleh ahlii disebut presesi. Perhatikan gasing terus berotasi terhadap porosnya tanpa goyah jika titik berat gasing tepat segaris vertical dengan titik ujungn gasing. Ketika titik berat gasing tidak tepat segaris vertical dengan titik ujungnya, maka pporos secara perlahan goyah di sekitar pusatnya. Goyahnya poros gasing terhadap pusatnyaini disebut presesi gasing.
            Karena Bumi berotasi dengan cepat, maka bumi menggembung di katulistiwa dan mempat di kedua kutubnya. Jadi, bumi tidak kita anggap sebagai bola sempurna. Bulan dan matahari mengerjakan momen putar gravitasi pada Bumi. Momen putar ini menyebabkan poros bumi goyah dan secara perlahan poros Bumi berotasi searah jarum jam terhadap vertical. Goyahnya poros Bumi atau rotsi perlahan poros Bumi searah jarum jam terhadap vertical disebut gerak presesi Bumi. Periode presesi Bumi adalah 25.800 tahun; artinya diperlukan waktu 25.800 tahun oleh poros Bumi untuk berpresesi melalui sudut  (satu putaran penuh)
Akibat-akibat gerak presesi Bumi
Karena gerak presesi Bumi adalah searah jarum jam dan Bumi berevolusi berlawanan arah jarum jam mengitari matahari maka tahun tropic lebih pendek 20 menit dari pada tahun siderik.
Karena gerak presesi Bumi, maka bintang-bintang yang berbeda dapat menjadi bintang utara, yaitu bintang yang tepat berada dia atas kutub geografi utara. Sekarang ini (tahun 2014) bintangpolaris merupakan bintang utara. Pada tahun 14.000, bintang vega dalamm rasi bintang Lyra akan menjadi bintang utara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar