Sabtu, 04 Januari 2014

Aplikasi knalpot susuki satria fu ke mx 135 lc




            Ini saran untuk pengguna bebek hyper sports Yamaha kita ketahui motor Jupiter mx banyak memiliki kelebihan disbanding motor bebek di kelasnya mulai dari liquid cooled engine, 4 valve soch, teknologi tersebut sudah sangat modern bagi kompetitor-kompetitornya di tanah air. Namun ada satu hal yang mengganjal bagi para pengguna motor ini yaitu knalpot Jupiter mx yang cenderung mudah keropos. Ini terjadi pada motor Jupiter mx yang sudah memasuki usia 2 tahun keatas untuk mengatasi masalah ini biasanya owner akan melakukan perawatan knalpot dengan member sedikit oli pada lubang sarangan knalpot, namun bagi yang sudah terlanjur serius seperti diameter lubang sudah besar salah satu cara memperbaikinya dengan menambal tapi jika tehknik menambal sudah tidak mampu ditambal ada cara lain selain membeli knalpot orisinal yang harganya berada di kisaran 800ribu yaitu menggan tinya dengan knalpot satria fu. Knalpot satria fu sangat cocok dengan karakter mesin Jupiter mx yang sama sama menggunakan 4 valve( walaupun Jupiter mx masih soch) dan cara pemasangan yang tidak terlalu ribet yang diperlukan hanya beberapa alat seperti
            Silencer fu
                                                                         silincer fu

Ada dua jenis silencer fu yaitu produksi tahun 2008 kebawah (sebelah kiri) dan 2009 keatas( sebelah kanan) dari dua jenis tersebut saya rekomendasikan untuk penggunaan yang tahun 2008 kebawah karena selain desainya yang ramping(cocok dengan body mx) juga suaranya yang lebih gahar. Untuk produksi tahun 2009 keatas desain diameter lebih besar serta terdiri dari bagian moncong yang terpisah dan harganya berbeda pula. Selanjutnya pak  bentunya seperti cincin yang berada di sambungan antara silencer dan leher knalpot harganya disekitaran 10 ribu.
leher knalpopt fu
Selanjutnya leher knalpot fu ada dua jeni anda bias menggunakan produk original pabrik atau yang aftermarket yang original harganya berkisar antara 150ribu dan yang aftermarket 325rbu. Saya sangat tidak menganjurkan penggunaan leher buatan bengkel karena jenis suara sangat berbeda dengan yang original
Disinlah tugas bengkel untuk mengubah desain bentuk leher knalpot agar bias pas masuk ke bibir mesin mx. Yang diperlukan adalah pemotongan bagian lekuk kedua beberapa sentimeter kemudian mengatur agar lubang baut pegangan silencer berada tepat di tempatnya biayanya sekitar 50 rbu (ditempat saya lo,,..)  dan terakhir anda bias melepas saringan motor dan rasakan sensasi suara berbeda dari standarnya.

1 komentar:

  1. Ass. Jadi knalpot satria ori nya fullset ya pak? Mohon infonya dimana bengkel yang bisa setting supaya leher knalpot satria tsb bisa masuk ke new jupie mx.. Terimakasih banyak sebelumnya

    BalasHapus